Dulu Pilih Jokowi, 15,7 Juta Pekerja Mebel Kini Dukung Siapa?

Jakarta, CNBC Indonesia РAsosiasi Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) mengaku tidak menentukan sikap dukungan terhadap calon presiden yang berlaga di Pilpres 2024 ini. Asosiasi ini sebelumnya sempat mendukung Joko Widodo dalam Pilpres 2019 lalu.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP Sekabel Setyo Wisnu Broto, usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

“Hari ini kami bisa diterima beliau mungkin ada konotasi relawan, ini tidak. kami pengusaha kayu. kami istilahnya di sini bersama pak Jokowi ingin mengembangkan Indonesia,” ungkap Setyo saat memberikan keterangan pers.

Ia menegaskan dari asosiasinya tidak lagi menentukan sikap dukungan terhadap salah satu pasangan calon. Menurutnya para anggota asosiasi dibebaskan memilih sesuai dengan preferensi masing-masing.

“Mengenai presiden nanti siapa yang jadi tentunya kami akan memilih sesuai hati masing-masing. Jadi kami dalam industri mebel ini ada hampir 15,7 juta dari ribuan perusahaan tenaga kerja dan anggotanya,” sebut Setyo.

Pekerja menyelesaikan pembuatan mebel di kawasan Daanmogot, Tangerang, Banten, Jumat (18/2/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Meski begitu ia mengakui 2019 lalu sempat mendukung Presiden Joko Widodo dalam kontestasi Pilpres. Namun saat ini asosiasinya tidak melakukan deklarasi.

“Sekarang pak Jokowi sudah tidak di dalam kontestasi pilpres sehingga kami tidak menentukan sikap,” katanya.

“Dulu kita menghadirkan 20 ribu massa, di Pilpres kali ini kami tidak melakukan deklarasi,” sambungnya.

Setya pun menegaskan meski anak dari Jokowi yakni Mantan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka juga ikut dalam kontestasi sebagai Wakil Presiden mendampingi Capres Prabowo Subianto, asosiasinya mengaku masih netral.

“Tapi kalau nanti arah politik seperti apa kita nggak tahu, akhirnya ada tiga calon dan salah satunya ini Gibran masuk di bursa. di Kami pun saat ini netral, Kita hanya bisik-bisik asik. begitu,” katanya.

Namun secara pribadi dan di luar organisasi, Setya melihat Prabowo – Gibran bisa melanjutkan program dari Jokowi. Ia pun berseloroh organisasi relawan Sekabel yang pernah dibentuk bukan untuk mendukung anak dari Jokowi.

“Anak Jokowi bukan tukang kayu, tukang martabak. Nanti jadi Sekabak,” candaannya. https://asiafyas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*