PNS Single Pindah ke IKN Dapat 1 Kamar Ramai-Ramai

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan aparatur sipil negara (ASN) yang belum menikah akan berbagi tempat tinggal dengan ASN lain yang juga belum menikah alias single.

“Tadi kita sudah bahas. Kalau belum nikah ASN bisa sharing (tempat tinggal) dulu. Nanti kami hitung yang nikah berapa dan yang belum nikah berapa,” ujar Anas, dalam konferensi pers di Kementerian PANRB, dikutip Jumat (28/12/2023).

Tentunya, dia memastikan tidak ada campur gender. Satu kamar diperuntukkan bagi PNS dengan gender yang sama. “Kalau gender (sama) pasti dong,” katanya.

Anas pun menegaskan ASN yang belum menikah tidak akan tinggal bersama dengan ASN yang sudah berkeluarga. Sementara itu, dia megungkapkan ASN yang sudah menikah sudah pasti akan menempati satu unit rumah susun atau apartemen.

Anas menuturkan telah memperhitungkan hingga 9.000 ASN yang bekerja di sana. Dia pun menegaskan sebanyak 3.246 ASN akan pindah ke IKN pada tahap pertama. Secara bertahap pemindahan tersebut akan dimulai pada bulan Juli hingga November 2024 mendatang.

“ASN yang pindah pertama nanti dari 37 kementerian/lembaga. Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka,” ujar Anas.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (Nusantara) Bambang Susantono menegaskan mekanisme pengaturan tempat tinggal ASN yang akan dipindahkan secara bertahap. Mereka akan memenuhi 47 tower yang akan disediakan oleh pemerintah. Dia memastikan pengaturannya akan disediakan.

“Jadi ini kan bertahap ya. ada pemenuhan bertahap 47 tower itu akan tersedia hingga akhir 2024, sisanya 2025 yang KPBU atau PPP,” paparnya. https://berdasarkanapa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*