Putin Menggila, Rusia Tembak 158 Drone & 12 Rudal ke Ukraina

Jakarta, CNBC Indonesia – Rusia melancarkan salah satu serangan rudal terbesarnya terhadap Ukraina, Jumat (29/12/2023). Negara itu menembakkan 158 drone dan 12 rudal ke kota-kota tetangganya itu.

Kejadian ini menewaskan 12 warga sipil, melukai puluhan lainnya dan menghantam bangunan tempat tinggal di Kyiv, bagian selatan serta barat negara itu. Dilaporkan pula, 10 orang di Kyiv terjebak di bawah reruntuhan sebuah gudang yang rusak akibat jatuhnya puing-puing. 

“Hari ini, jutaan warga Ukraina terbangun karena suara ledakan yang keras,” kata Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba menggambarkan serangan.

“Saya berharap suara ledakan di Ukraina dapat terdengar di seluruh dunia,” tegasnya.

Serangan udara besar-besaran itu terjadi saat Kyiv dipenuhi ketidakpastian akan dukungan militer dan keuangan Barat di masa depan untuk Kyiv. Perang Rusia dan Ukraina sendiri sudah terjadi sejak hampir dua tahun.

“Rusia menyerang dengan segala yang dimilikinya… Sekitar 110 rudal ditembakkan, sebagian besar ditembak jatuh,” kata Presiden Volodymyr Zelenskiy melalui pesan Telegram.

Sementara itu, Komandan Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk menyatakan serangan itu adalah serangan udara terbesar Rusia sejak invasi Februari 2022. Ia menggambarkannya melalui pesan Telegram sebagai “serangan udara paling masif.

Panglima Angkatan Darat Jenderal Valeriy Zaluzhnyi mengatakan serangan itu menargetkan infrastruktur penting serta fasilitas industri dan militer. Belum ada komentar langsung dari Rusia.

Di sisi lain, Kementerian Energi Ukraina melaporkan pemadaman listrik di wilayah Odessa selatan, Kharkiv timur laut, Dnipropetrovsk tengah, dan Kyiv tengah. Ukraina telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa Rusia mungkin menimbun rudal untuk melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap sistem energinya.

Secara rinci, data korban temas meliputi lima orang Dnipropetrovsk dan satu orang di Kyiv. Tiga orang tewas di kota pelabuhan Laut Hitam Odesa, sementara satu orang tewas di Lviv dan Zaporizhzhia. https://pembangkitkuku.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*