Tersambung Jaringan Air PAM

Warga Kamal Hemat Ratusan Ribu/Bulan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) berbincang dengan warga saat mengecek distribusi air bersih perpipaan PAM Jaya di RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) berbincang dengan warga saat mengecek distribusi air bersih perpipaan PAM Jaya di RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka – Krisis air bersih puluhan tahun di Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, akhirnya sudah terselesaikan. Warga kini tersambung jaringan air bersih perpipaan dari PAM Jaya.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 011/Rukun Warga (RW) 001 Kamal Muara, Ade Saputra bersyukur wilayahnya kini telah terpasang akses air bersih. Dengan begitu, warganya mu­dah memperoleh air bersih. Hal ini membuat warga dapat berhemat. Yang tadinya harus mengeluarkan uang ratusan ribu untuk membeli air, kini hanya perlu membayar puluhan ribu.

“Saya mewakili warga di sini, merasa terbantu sekali dengan adanya pemasangan (pipa) PAM secara gratis. Ini sangat mem­bantu, jadi bisa berhemat sekitar 50 sampai 60 persen dari penge­luaran biaya air sebelumnya,” kata Ade, Senin (18/3/2024).

Ade mengungkapkan, sebelumnya warga harus beli air Rp 450.000 per bulan. Sekarang hanya Rp 50.000-70.000 per bulan.

Alhamdulillah, meskipun kami mengalami kesulitan air cukup lama, tetapi selama 4 bulan ini kita telah merasakan akses air bersih yang murah dan pemasangan pipa yang gratis,” ujarnya.

Pengurus Mushola Nurul Hafizh, Suryadi juga merasakan penghematan. Keberadaan akses air PAM, mengurangi pengeluaran Mushola untuk membeli air untuk berwudhu.

“Sebelumnya kami membeli air bersih sebanyak enam tangki mobil setiap bulan seharga Rp 200 ribu per tangki. Tapi, setelah tersambung pipa PAM Jaya, biaya pemakaian ditaksir seki­tar kurang dari Rp 150 ribu,” imbuhnya.

Untuk memastikan kelancaran akses air bersih, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau permukiman warga RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (18/3/2024).

Heru mengatakan, Perumda PAM Jaya telah memasang ak­ses air bersih di RW 01, Kamal Muara, untuk kebutuhan 3.000 Kepala Keluarga (KK) dari 4.000 KK yang ditargetkan.

“Saat ini, kita masih proses pengerjaan untuk 1.000 KK yang tersisa, dan ini sedang ber­langsung, kurang lebih proses perampungannya sekitar satu bulan dari saat ini,” ujar Heru.

Heru menilai, kehadiran akses pipa baru ini telah mengurangi beban pengeluaran warga sekitar untuk membeli air bersih.

Diungkapkan Heru, biaya yang dikeluarkan warga untuk pemenuhan air bersih sebelum terpasang pipa PAM Jaya bisa mencapai Rp 400.000 per bulan. Dengan menggunakan air bersih dari PAM Jaya, warga dapat menghemat pengeluaran.

“Saya titip kepada warga untuk menggunakan air bersih dengan bijak, karena kebutuhannya cukup banyak se-Jakarta,” tambahnya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menjelaskan, saat ini masih terdapat berbagai kawasan yang berpotensi mengalami krisis air di ujung pesisir Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda PAM Jaya tengah gencar menanggulangi permasalahan tersebut, terutama dalam mengha­dapi musim kemarau.

“Seperti, di sekitar Cilincing, Marunda, Muara Baru, itu akan kita prioritaskan,” sebut Heru.

Dia menambahkan, saat ini, pipanisasi yang telah dikerjakan PAM Jaya untuk memenuhi akses air bersih warga Jakarta baru mencapai sekitar 69 persen. Seperti diketahui, PAM Jaya menargetkan pipanisasi air ber­sih di seluruh wilayah Jakarta tercapai pada 2030.

“Tahun ini target kami 88.000 (sambungan baru), namun untuk saat ini sudah sekitar 20 ribuan,” kata Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin.

Arief bilang, pihaknya akan terus melakukan pipanisasi air sehingga semakin banyak warga Jakarta yang terakses air bersih. Penggunaan air pipa sangat penting untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari penurunan muka tanah akibat penyedotan air secara masif.https://mantrasungokong.com/wp-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*