Ada Apa Vietnam? Ekonomi Jeblok 1% Lebih

Jakarta, CNBC Indonesia РEkonomi tetangga RI, Vietnam, tidak baik-baik saja. Perekonomiannya hanya tumbuh sebesar 5,05% pada tahun 2023, jauh dari target pemerintah sebesar 6,50%.

Hal ini berdasarkan angka resmi yang diterbitkan pada Jumat (29/12/2023). Melansir AFP, Kantor Statistik Umum (GSO) mencatat PDB negara komunis tersebut mencapai US$426 miliar, dengan pertumbuhan turun dari 8% tahun lalu.

Data-data ekonomi Vietnam memang tak baik. Ekspor dari negara-negara manufaktur turun 4,4%.

GSO menyebut penurunan sebagian disebabkan oleh sejumlah hambatan. Antara lain persaingan negara-negara besar dan perang di Ukraina serta Timur Tengah.

“Vietnam memperoleh US$355,5 miliar dari ekspor pada tahun 2023,” kata Kepala Riset di Perusahaan Saham Rong Viet, Tran Thi Ha My. “(Namun) pertumbuhan PDB Vietnam tidak sesuai dengan potensi negaranya.”

Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan pertumbuhan Vietnam pada akhir tahun sebesar 5,8%, terutama disebabkan oleh lemahnya permintaan eksternal. Perekonomian Vietnam melonjak setelah pandemi ini, namun kemudian melambat.

Menurut GSO, lebih dari 217.000 bisnis baru memasuki atau kembali ke pasar tahun ini atau naik 4,5% dibandingkan tahun lalu. Pendapatan bulanan rata-rata telah meningkat menjadi sekitar US$288 atau hampir tujuh persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Pertumbuhan akan pulih pada tahun 2024… berkat perbaikan dalam ekspor, investasi, konsumsi dan pasar real estate,” pungkas My lagi. https://surinamecop.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*